MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF TUTORIAL KERAJINAN TANGAN KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN METODE IMMERSION WITH CHILDREN
DOI:
https://doi.org/10.55794/jikom.v10i2.63Keywords:
origami, multimedia, Technology ImmersionAbstract
Perkembangan teknologi sekarang ini terjadi dengan sangat pesat, baik teknologi komunikasi maupun teknologi di bagian informasi. Akan sangat berguna jika perkembangan teknologi yang sedang berjalan di imbangi dengan perkembangan dalam dunia pendidikan anak, dimana pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut secara efektif. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Sering sekali anak-anak sering mengalami kesulitan pemahaman dalam menyampaikan pelajaran khususnya tentang mengetahui kerajinan tangan dari kertas atau origami. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang lebih baik untuk membuat anak-anak lebih tertarik dalam mempelajari tentang tutorial kerajinan tangan dari kertas. Dengan metode Immersion With Children,media pembelajaran yang akan dibuat akan dapat terealisasi dengan baik,karena metode ini dilakukan dengan observasi langsung pada objek penelitian Dengan adanya aplikasi ini penyusun bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan membangun media yang interaktif untuk siswa dalam tutorial kerajinan tangan kertas (origami) untuk sekolah dasar multimedia dengan metode immersion. Dengan begitu, siswa dapat mempelajari kerajinan tangan (origami) dengan cara yang lebih menyenangkan.
Downloads
References
Damayanti E. (2014) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Universitas Negeri Yogyakarta Juli 2013
DA Fitriani. (2017) Perancangan Multimedia Interaktif Pembelajaran. Universitas Gadjah Mada 2017
Dolong Jufri E. (2016) Teknik Analisis Dalam Komponen Pebelajaran. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Volume V,Nomor 2,Juli - Desember 2016
FH Rahmaibu. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Cs3. Universitas Semarang 2016
M Jamil. (2018) Penelitian Tehnologi Immersion Dan Pemanfaatan. Universitas Islam Indonesia
Mundasir A.I.R. (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran. Universitas Ahmad Dahlan 2017
Stefi Claudia. (2018) Origami Game For Improving Fine Motor Skills For Children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village In Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana
U Lutfaidah. (2016) Metode Pemblajara Pada Terhadap Anak. Universitas Indraprasta PGRI 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rian Novandi Prayoga , Hadiq, M. Taufiq, Nur Ahmadi Indartono, Yoyon Arie Budi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.