MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF TUTORIAL KERAJINAN TANGAN KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN METODE IMMERSION WITH CHILDREN

Authors

  • Rian Novandi Prayoga STIKOM PGRI Banyuwangi
  • Hadiq STIKOM PGRI Banyuwangi
  • M. Taufiq STIKOM PGRI Banyuwangi
  • Nur Ahmadi Indartono STIKOM PGRI Banyuwangi
  • Yoyon Arie Budi STIKOM PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.55794/jikom.v10i2.63

Keywords:

origami, multimedia, Technology Immersion

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini terjadi dengan sangat pesat, baik teknologi komunikasi maupun teknologi di bagian informasi. Akan sangat berguna jika perkembangan teknologi yang sedang berjalan di imbangi dengan perkembangan dalam dunia pendidikan anak, dimana pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut secara efektif. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Sering sekali anak-anak sering mengalami kesulitan pemahaman dalam menyampaikan pelajaran khususnya tentang mengetahui kerajinan tangan dari kertas atau origami. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya media pembelajaran yang lebih baik untuk membuat anak-anak lebih tertarik dalam mempelajari tentang tutorial kerajinan tangan dari kertas. Dengan metode Immersion With Children,media pembelajaran yang akan dibuat akan dapat terealisasi dengan baik,karena metode ini dilakukan dengan observasi langsung pada objek penelitian  Dengan adanya aplikasi ini penyusun bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan membangun media yang interaktif untuk siswa dalam tutorial kerajinan tangan kertas (origami) untuk sekolah dasar multimedia dengan metode immersion. Dengan begitu, siswa dapat mempelajari kerajinan tangan (origami) dengan cara yang lebih menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti E. (2014) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Universitas Negeri Yogyakarta Juli 2013

DA Fitriani. (2017) Perancangan Multimedia Interaktif Pembelajaran. Universitas Gadjah Mada 2017

Dolong Jufri E. (2016) Teknik Analisis Dalam Komponen Pebelajaran. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Volume V,Nomor 2,Juli - Desember 2016

FH Rahmaibu. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Cs3. Universitas Semarang 2016

M Jamil. (2018) Penelitian Tehnologi Immersion Dan Pemanfaatan. Universitas Islam Indonesia

Mundasir A.I.R. (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran. Universitas Ahmad Dahlan 2017

Stefi Claudia. (2018) Origami Game For Improving Fine Motor Skills For Children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village In Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana

U Lutfaidah. (2016) Metode Pemblajara Pada Terhadap Anak. Universitas Indraprasta PGRI 2016

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Rian Novandi Prayoga, Hadiq, M. Taufiq, Nur Ahmadi Indartono, & Yoyon Arie Budi. (2022). MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF TUTORIAL KERAJINAN TANGAN KERTAS (ORIGAMI) UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN METODE IMMERSION WITH CHILDREN. Jikom: Jurnal Informatika Dan Komputer, 10(2), 76–86. https://doi.org/10.55794/jikom.v10i2.63

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>